Kamis, 07 Agustus 2008

Hidupku Berubah (2)

MENENTUKAN SUKSES
YANG INGIN DIRAIH.

Kita terlebih dahulu harus menentukan bentuk sukses yang ingin diraih. Gambaran yang jelas, apakah itu sukses pribadi, keluarga, pekerjaan dan masyarakat.

Sukses yang tergambar dengan jelas memainkan peranan yang sangat penting dalam proses pencapaiannya. Atau dengan kata lain, bentuk sukses yang tergambar dengan jelas tersebut dapat dikatakan sebagai tujuan yang ingin Anda capai. Jika saat ini Anda bekerja di sebuah perusahaan dan Anda berada pada posisi sebagai supervisor. Anda mengambil keputusan untuk meraih sukses sebagai seorang manager di departemen dimana Anda berada saat ini dalam jangka waktu 2 tahun dari sekarang. Ini merupakan bentuk kesuksesan yang Anda inginkan dan telah Anda tetapkan dalam kerangka waktu.

Dengan menentukan bentuk sukses yang spesifik, Anda telah memberikan arah kemana Anda akan pergi. Setelah memiliki arah kemana Anda akan pergi maka, setengah perjalanan menuju sukses telah Anda raih.

Didalam membuat keputusan bentuk sukses yang ingin Anda raih, Anda jangan memperhitungkan kemampuan yang dimiliki saat ini. Karena apa yang Anda miliki sekarang, tidak akan memainkan peranan penting untuk apa yang akan Anda peroleh dimasa datang. Jadi, tentukan sukses apa yang ingin Anda capai, cukup.

Karakteristik penyusunan sukses yang ingin diraih tersebut hendaknya memenuhi beberapa kriteria tertentu untuk membantu pencapaian lebih cepat.

Kesuksesan yang ingin diraih hendaknya mungkin untuk dicapai.
Sukses yang ingin diraih hendaknya melebihi keadaan Anda saat ini, tetapi masih tetap dalam jangkauan pandangan Anda.
Seseorang mungkin bermimpi meraih sukses menikah dengan seorang pangeran atau ratu dan hidup bahagia di sebuah kerajaan. Tidak menghadapi permasalahan sehari-hari, dimana semua kebutuhan tersedia tanpa mengeluarkan upaya sedikitpun, seperti di surga. Sukses seperti ini bukan hanya tidak masuk akal. Tetapi hamper tidak mungkin terjadi.

Kesuksesan yang ingin diraih hendaknya dapat memotivasi.
Mengerjakan tujuan yang tidak berarti tidak mendatangkan kegembiraan. Justru akan berakibat sikap yang negatif dan rasa tidak puas didalam diri. Dan pada gilirannya tujuan atau kesuksesan yang ingin diraih tersebut menjadi bumerang bagi kita.

Kesuksesan yang ingin diraih sebaiknya mendorong kita menjadi lebih kreatif.
Banyak orang berpendapat bahwa bila kita telah menentukan bentuk kesuksesan yang ingin kita raih, maka kehidupan kita menjadi tidak kreatif lagi. Jadi perlu Anda sadari bahwa jika ingin menentukan bentuk kesuksesan hendaklah ia mampu mendorong Anda menjadi kreatif. Tidak membatasi kemampuan Anda untuk melakukan improvisasi.

Kesuksesan yang ingin diraih hendaknya fleksibel.
Beberapa orang sangat terpaku pada bentuk kesuksesan yang diinginkannya, karena mereka beranggapan bahwa itu adalah suatu proses yang baku. Tetapi itu tidak benar. Bentuk kesuksesan yang ingin Anda capai hendaknya seperti kemudi pada sebuah kapal, ia bisa digerakkan kekanan dan kekiri. Ia bisa membawa kapal mengikuti keinginan sang kapten. Dalam arti bahwa, bentuk kesuksesan haruslah fleksibel. Anda bisa menggantikannya, menyesuaikannya atau meniadakannya. Kesuksesan itu milik Anda sendiri.

Sekarang Anda telah dilengkapi dengan alat bantu berupa rambu-rambu untuk menentukan sukses yang ingin Anda raih. Kini tiba saatnya Anda coba untuk melakukannya sendiri.

Tidak ada komentar: