Selasa, 05 Agustus 2008

Fase 3 persaingan MLM tahun 2008 dan dampak bagi profesional MLM

Semarak persaingan antar perusahaan MLM tahun 2008 mulai menunjukkan tanda-tanda melemah. Kontribusi peraturan pemerintah dalam hal izin produk dan ketatnya bea cukai mempengaruhi perkembangan bisnis. Tidak hanya itu, keragaman jenis produk yang semakin kurang atau homogen juga menjadi sebab yang lain.

Adanya tanda-tanda diatas, akan menyebabkan pertumbuhan dari sisi jumlah perusahaan yang terlibat dalam industri ini pada tahun 2009 akan menurun dengan cukup signifikan dibandingkan dengan tahun 2008.

Akan tetapi pada sisi yang lain, terjadinya perbaikan kualitas produk dan tata kelola perusahaan, karena hanya mereka yang sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan sebelumnya yang mumpuni dalam industri ini yang akan masuk ke Indonesia. Segala macam bentuk bisnis yang didorong oleh sifat avonturir akan jauh berkurang.

Apa dampak perubahan ini bagi para profesional di industri ini. Hal ini menjadi menarik. Terminologi support system adalah mantra yang manjur dan selalu disebut sebagai kunci yang membuka kesuksesan sebuah perusahaan di pasar, tetapi karena terlalu sering dipergunakan, maka kekuatan "magisnya" menjadi berkurang. Siapa saja profesional yang mempunyai kemampuan lebih didalam bidang training beberapa tahun belakangan ini mendapatkan tempat yang terhormat. Apa saja yang mereka tawarkan cenderung mendapatkan persetujuan dari Board of Director, tanpa penjelasan lebih lanjut. Kondisi ini dibangun dari mantra "support system", perusahaan yang memiliki support system bagus pasti memiliki angka penjualan yang bagus.

Untuk tahun 2009, nampaknya mantra "support system" mulai kehilangan ke kekuatannya. Ketrampilan dari para distributor saat ini sudah meningkat dengan pesat, hampir tidak ada lagi perbedaan yang mencolok antara kemampuan distributor yang berada di kota besar dan kota kecil. Sehingga support system bisa di buat oleh mereka yang tinggal di Papua dan Surabaya dengan sama baiknya.

Jika, terjadinya penurunan "pamor" dari para trainer, pasti membawa konsekuensi ada bidang lain yang akan mengalami peningkatan permintaan.

Ya, tentu saja. Kebutuhan akan tenaga marketing yang berpengalaman meningkat, akan tetapi profesional marketing yang dibutuhkan ini sudah bukan lagi dalam kategori mereka yang mengenal banyak leader network marketing seperti selama ini kita kenal. Tetapi terjadi peningkatan dari sisi kualitas, profesional marketing yang dibutuhkan pada tahun 2009 kedepan adalah mereka yang mengerti ; akuntansi secara umum, memiliki kemampuan dalam bidang pengembangan produk-produk baru, mengerti peraturan pemerintah dengan jelas, memiliki kemampuan untuk mengelola sumber daya internal perusahaan dan pada akhirnya memiliki cukup kreatifitas untuk bertarung di dalam industri ini.

Untuk rekan-rekan profesional marketing, sekarang adalah waktu Anda untuk kembali melengkapi kemampuan yang masih belum dimiliki karena memiliki kenalan yang banyak dengan para leader network marketing, sudah bukan lagi satu-satunya kriteria yang dipertimbangan oleh Board of Director untuk mempekerjakan Anda. Era itu sudah mulai tergerus dengan semakin matangnya industri network marketing di Indonesia.

Tidak ada komentar: