Rabu, 23 Juli 2008

Perusahaan Berhasil dan Gagal (bag-3)

Dalam tulisan ini, saya hanya akan mengupas terlebih dari sisi perusahaan, sedangkan dua komponen yang lain akan dibahas pada tulisan lainnya.

Bagaimana perusahaan akan berhasil?. Dan bagaimana perusahaan akan gagal?. Tanda-tandanya apa?.

Tanda bahwa perusahaan yang akan berhasil antara lain :
1. Kesadaran dari pihak investor bahwa ini adalah “bisnis”.
2. Pemilihan produk yang inovatif.
3. Penentuan target market yang jelas dan spesifik.

Kesadaran bahwa ini adalah bisnis, ini penting sebagai tonggak pertama agar langkah yang diambil untuk mengembangkan usahanya masuk dalam kerangka yang benar. Harus kita akui bahwa, nuansa membuka bisnis network marketing saat ini seperti jaman wild west di Amerika, dimana setiap orang berlomba-lomba untuk menggali minyak di Texas. Dengan sebuah harapan, galian pertama akan mampu menemukan tambang minyak yang akan mengalir tak putus sehingga memberikan keuntungan yang luar biasa dalam waktu singkat. Sikap mental seperti ini, tentu saja akan mengabaikan banyak sekali perhitungan bisnis yang masuk akal. Semua harus jelas terlebih dahulu.

Pemilihan produk yang inovatif, adalah syarat utama agar kita bisa diterima oleh pasar. Anda bisa lihat dalam bisnis “konvensional” setiap produk memiliki diferensiasi. Tanpa diferensiasi maka sangat sulit bagi produk tersebut untuk leading dipasar. Diferensiasi disini bisa saja meliputi aspek kemasan, cara penyampaian pesan, kegunaan dan lain sebagainya. Ingat, dalam benak konsumen selalu muncul pertanyaan, mengapa saya harus membeli produk ini, sedangkan ia sama saja dengan produk yang lainnya.

Penentuan target market yang jelas dan spesifik. Sama seperti industri yang lain, demikian pula dengan network marketing, ia juga bukan untuk semua orang. Ada individu dengan karakteristik tertentu yang memang cocok menjadi seorang independen distributor, sedangkan yang lain tidak. Belum lagi dari sisi sebaran distributor, faktor lokasi dan demografi, ini semua turut memberikan andil kesuksesan.

Kesimpulan yang dapat ditarik adalah, selesaikan dahulu dengan tuntas “pekerjaan rumah” untuk memulai sebuah bisnis maka niscaya keberhasilan perusahaan akan dengan mudah dicapai.

Selamat menganalisis kembali keputusan yang sudah Anda buat.

Tidak ada komentar: